11 Agustus 2023

Tetaplah menjadi baik, walaupun dunia tidak baik kepadamu. Tetaplah tangguh sekalipun bahumu telah runtuh. Tetap melangkah sekalipun kaki mu telah lelah. Tetap lah tersenyum sekalipun itu berat. Tetaplah ceria sekalipun itu palsu. Tetaplah damai sekalipun hatimu telah hancur. Tetaplah tenang sekalipun mental mu telah rusak. 

Tetaplah menjadi perempuan yang jujur dan lurus, rasa kecewa dan sakit hati tidak boleh merubah dirimu menjadi jahat. Tidak ada hal yang sia-sia di dunia ini. Kebaikan akan dibalas dengan kebaikan, kejahatan akan menjadi pelajaran bagi kita. Tidak semua orang di dunia ini berbuat baik kepada kita, walaupun begitu kita harus tetap berbuat baik kepada mereka. Kecewa dikhianati itu sesuatu yang wajar. Dibohongi karena kejujuran mu, itu juga hal yang wajar. Dicurangi karena kepolosan mu itu juga hal yang wajar. Disaat kamu mengetahui semua rencana jahatnya, cukup mundur saja tanpa harus membalasnya. Karena kamu berada di level berbeda dari mereka.

Hilangkan lah semua dendam, kecewa, serta kekhawatiran yang tidak jelas dan tidak berwujud itu, Perangilah semua pemikiran-pemikiran yang ada di otakmu. Jangan biar kan mereka memakan tubuhmu dan membuatmu semakin hancur. Hidup dalam kesedihan dan kekecewaan hanya akan membawa perkara buruk terhadap diri sendiri. Everything's gonna be okay. Semua hal yang menyakitkan bahkan trauma sekalipun akan hilang pada waktunya. Cukup ikhlaskan saja. Berdoalah selalu untuk memperluas rasa sabar tanpa tepi dan perdalam rasa syukur tanpa kata tapi.