WHO IS MY ROLE MODEL AND WHY ?

 DAY 11 #30DayWritingChallenge

Bukittinggi, 19 Agustus 2024

WHO IS MY ROLE MODEL AND WHY ?


Teringat waktu aku masih duduk di bangku SMK kelas tiga kalau gak salah, topik saat itu artinya sukses, guru yang membawa topik itu adalah guru BK. Sebelum memasuki pembahasan arti sukses, setiap siswa diberi pertanyaan yang sama yaitu siapa idola mereka. Teman-temanku memberikan jawaban yang berbeda-beda, sebenarnya aku ingin mengatakan role modelku mamaku, cuma nanti dibilang curhat lagi, akhirnya aku memilih secara random, dimana aku memilih seorang presenter acara di televisi US orang berkulit hitam untuk namanya sendiri aku tidak tahu, aku hanya bilang seorang presenter dan alasannya aku ingin menjadi seorang presenter. Se-simple itu. hahaha.


Sekarang aku diberi topik yang sama lagi, maka aku akan menjawab mamaku, tapi sebelum itu aku ingin menyebutkan satu nama lagi yaitu ibunda siti khadijah binti khuwailid, istri pertama nabi Muhammad SAW.  Beliau adalah seorang pengusaha yang cerdas dan berakhlak mulia. Sosok beliau yang mulia menjadi teladan untuk menjadi wanita yang kuat dan tangguh, peran beliau sebagai pengusaha tidak menghalangi untuk menjadi seorang istri yang taat dan ibu yang baik untuk anak-anaknya. Beliau mengajarkan kepada aku sebagai muslimah akhir zaman untuk terus memperbaiki diri dan bermanfaat bagi orang sekitar. Selengkapnya bisa dibaca sendiri di buku-buku yang menceritakan sosok beliau.


Selanjutnya mamaku, my mom adalah role model sejati ku. Mamaku tidak seperti mama orang lain yang berpendidikan tinggi, terlahir dari keluarga kaya, atau memiliki pekerjaan yang cemerlang. Mamaku adalah orang yang sederhana. Beliau lahir dari keluarga sederhana ke bawah yang terbilang broken home, beliau hanya lulusan SD yang ijazahnya sendiri tidak ada, dan beliau hanya ibu rumah tangga yang rela melakukan apapun untuk anak-anaknya yang penting halal dan thayyib. 


Alasanku menjadikan beliau role modelku karena betapa pun sulit hidup yang beliau jalani dari masa kecilnya hingga di usia menuju senjanya beliau tidak pernah menyesal dan menyalahkan siapapun untuk takdirnya. Beliau tetap tumbuh kuat dan tangguh tanpa rasa malu, iri ataupun dengki. Beliau menampilkan apa adanya dirinya. Sosok beliau yang menurut ku terlalu tangguh dan tidak pernah meninggalkan keluarga nya dalam hal apapun yang sebenarnya itu bukan tugas dan tanggung jawabnya, disaat aku melihat banyak orang tua yang lari meninggalkan anak-anaknya karena lelah, sementara mamaku bertahan menunjukkan cinta tak bersyaratnya kepada kami. Dia berjuang dan selalu memotivasi kami untuk mencapai hari esok yang lebih baik. Beliau rela melakukan pekerjaan yang seharusnya bukan pekerjaan untuk beban seorang wanita / ibu rumah tangga. Rela pergi pagi dan pulang malam. Selalu mengutamakan kebutuhan anggota keluarga daripada diri sendiri. Sosok beliau yang pekerja keras tanpa lelah, cinta tanpa syarat, dan pejuang menjadi alasanku untuk selalu memperbaiki diri ku menjadi lebih baik dan alasanku untuk selalu mengutamakan keluargaku di prioritas pertama. Sosok beliau yang bermanfaat bagi orang - orang sekitarnya. Untuk alasan apapun itu, my mom adalah role modelku dan beliau alasanku untuk selalu maju ke depan. Beliau memang bukan orang yang luar biasa bukan orang terkenal tapi bagi ku beliau adalah sosok yang special, beliau adalah malaikat tanpa sayap yang Allah kirim kepadaku dan adik-adikku. 

DAY 11 #30DayWritingChallenge


Posting Komentar

0 Komentar