FIVE THINGS I LOVE IN THIS WORLD

 DAY 10 #30DayWritingChallenge

Bukittinggi, 18 Agustus 2024

FIVE THINGS I LOVE IN THIS WORLD


Banyak hal yang harus aku, kamu, kita semua syukuri dalam hidup ini. Salah satunya bisa bernafas, aku bersyukur aku masih bisa bernafas hingga hari ini, detik ini. Selagi nyawa ini masih diberi nafas oleh Allah, maka masih banyak hal yang bisa aku nikmati dan aku coba untuk lakukan di dunia ini, betulkan?.  Di Dalam Al-qur’an Surat Luqman ayat 27 disampaikan bahwa “jika semua lautan di dunia dijadikan tinta untuk menuliskan kalimat-kalimat Allah, maka seluruh tinta itu akan habis sementara kalimat Allah belum selesai dituliskan. Artinya banyak hal yang harus kita syukuri, dan betapa sempurna dan besarnya kekuasan Allah. 


So, Topik challenge ku hari ini adalah menulis lima hal yang aku cinta di dunia ini, apa saja ya ??

ALAM YANG INDAH


Terlahir sebagai anak bangsa Indonesia yang Negaranya terkenal akan keindahan alamnya suatu hal yang harus aku syukuri. Mulai dari sabang sampai merauke coba sebutkan daerah yang tidak menarik untuk kita kunjungi, jawabannya TIDAK ADA. Setiap sudut tanah nusantara memiliki ciri khasnya masing-masing baik dari segi alam maupun budaya lokalnya. Tidak perlu jauh-jauh, Kota tempat aku tinggal sekarang saja sudah lebih menarik, dimana aku dikelilingi oleh perbukitan dan gunung, Sudut tanah manapun kamu pergi di tanah sumbar ini, pesona alam selalu memanjakan mata. Coba saja cek rekomendasi destinasi Sumbar di internet, maka jawabannya adalah pesona alamnya, mulai dari air terjunnya, pesona gunung dan perbukitannya, ngarainya, belum lagi pesona pantainya. Kalau kamu pecinta senja, maka kami menyediakan lereng bukit dan gunung untuk ngopi santai sambil melihat sunset dan menyambut lampu malam kota.  The Best lah. 

                                                  

Terjaganya keindahan alam tentu membawa manfaat yang luar biasa kepada kita semua, dimana alam yang terjaga akan memberikan udara yang bersih, air yang bersih untuk kita konsumsi, serta tanah yang subur untuk kita bertanam-tanam.

 

Jujurly sebagai anak negeri atau orang lokal masih banyak tempat yang belum aku kunjungi juga. Tapi Sumbar alamnya recomended banget. Semoga suatu hari nanti bisa untuk ke tempat-tempat karya Allah yang belum aku kunjungi. Amiiin.

RUMAH

Koq rumah sih ?, emang ada apa dengan rumah ?. Sesuai dengan katanya “ RUMAH”, bangunan tempat tinggal, hunian, dan sarana pembinaan keluarga. Rumah juga diartikan sebagai tempat bernaung atau tempat berlindung, dan tempat untuk pulang.




Ada banyak orang didunia ini tidak punya rumah secara fisik, artinya tinggal di berbagai tempat, kolong jembatan, pinggiran toko, di jalanan, banyak lah. Tapi ada juga orang yang punya rumah secara fisik bagaikan istana tapi berasa bukan rumah karena bukan tempat untuk bisa mereka pulang, tempat untuk mereka mengadu dan berlindung. Banyak diantara mereka memilih untuk mencari rumah-rumah baru yang lain.



Melihat kondisiku sekarang, aku harus banyak-banyak bersyukur masih punya rumah untuk tinggal dan pulang. Tidak perlu mewah yang penting hangat dan damai.  Rumah yang sederhana dimana ada orang tua yang lengkap walaupun tiap hari seperti Tom & Jerry, tapi aku masih punya adik-adik yang harus aku lindungi. Ada sebuah lagu yang indah karya God Bless - RUMAH KITA. Aku suka lagunya. 

Hanya bilik bambu tempat tinggal kita

Tanpa hiasan, tanpa lukisan

Beratap jerami, beralaskan tanah

Namun, semua ini punya kita

Memang semua ini milik kita sendiri


Hanya alang-alang pagar rumah kita

Tanpa anyelir, tanpa melati

Hanya bunga bakung tumbuh di halaman

Namun, semua itu punya kita

Memang semua itu milik kita


Haruskah kita beranjak ke kota

Yang penuh dengan tanya?


Lebih baik di sini

Rumah kita sendiri

Segala nikmat dan anugerah Yang Kuasa

Semuanya ada di sini

Rumah kita sendiri


Bab sebelumnya aku menyampaikan jika aku bercita-cita memiliki sebuah rumah. Betul sekali, aku ingin punya sebuah rumah yang sertifikatnya diatas nama kami sendiri dan benar-benar milik kami sendiri, tidak perlu mewah ataupun besar cukup untuk melindungi kami sekeluarga itu sudah luar biasa. Sehingga kami sekeluarga tidak perlu ragu untuk diusik oleh orang-orang yang munafik dan tidak takut akan diusir secara tiba-tiba. Yang penting rumah itu milik kami sendiri. Someday Insha Allah.

UANG

Judul yang tepat untuk hubungan ku dengan uang adalah Antara Cinta dan Benci. Nyari nya setengah mati, hilangnya tidak butuh sehari. Sebenarnya uang ini punya masalah apa sih sama ku ? Seorang pujangga berpesan : “Jangan pergi agar dicari, jangan sengaja lari agar dikejar, berjuang tak sebercanda itu”. Paham lo Uang?. Aku cinta kamu, tapi tolong donk cintai aku balik, aku mencari kamu kemana-mana penuh lelah, dan kamu segampang itu pergi dari dompetku. Tolong ya, mari kita akhiri hubungan antara cinta dan benci ini, mari saling berbimbing tangan menuju hari esok bersama-sama. Lope banyak2 uang.


BUKU

Sebagai anak perempuan pertama tidak punya kakak dan abang yang membimbing dan teman untuk bergaul, teman pertama ku adalah buku. Pendidikan pertama yang diberikan oleh mama kepada ku adalah cara membaca. Melalui buku-buku lah aku bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan hidupku. Melalui buku-buku yang aku baca aku mendapatkan referensi sifat-sifat manusia, perjuangan manusia dalam bertahan hidup, dan kisah perjalan orang-orang hebat. 


Sesuai dengan katanya, Buku adalah jendela dunia, melalui buku aku bisa belajar dan melihat sudut pandang berbagai orang dalam menangani suatu masalah. Buku adalah teman terbaikku. Disaat aku buntu dan suntuk bukulah yang menjadi temanku, dan guruku. Aku bersyukur aku bisa membaca dan memiliki beberapa buku yang menurutku bisa membantuku keluar dari kebuntuan akan masalah-masalah di dalam hidupku. Melalui buku juga aku mengenal agamaku dan betapa indahnya ajaran agamaku. Buku juga yang membuatku memiliki sudut pandang yang berbeda dari teman-teman dan keluargaku yang akhirnya hanya sedikit orang yang benar-benar bisa memahamiku. 


INTERNET

Zaman sekarang ini keberadaan internet emang seberpengaruh gitu untuk kita semua, mulai dari komunikasi, pendidikan, dunia kerja, semuanya membutuhkan internet. Smartphone ku menjadi tidak berfungsi jika tidak punya kuota internet, cuma bisa main game offline saja. So sad.


Aku bersyukur dengan adanya internet banyak hal yang bisa aku eksplorasi, banyak tempat bisa dikunjungi walaupun cuma via google maps.  Adanya internet aku bisa menyimpan tulisan-tulisan ini semua tanpa harus sering-sering membeli buku jurnal, dan bingung mau nyimpan buku jurnal yang banyak itu dimana. Melalui internet aku menyadari banyak pertanyaan yang memberikan jawaban berbeda dari sudut pandang mereka semua, Internet membantuku menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sama dengan jawab yang beragam. 


Internet juga menjadi teman untuk kita semua yang berada dizaman dimana orang-orang sudah sibuk dengan dunia mereka masing-masing. Segalanya ada di internet, butuh teman ngobrol tinggal download aplikasi chatting, ada banyak pilihannya sesuai dengan kepribadian kita, ingin nonton konser tapi gak punya uang tinggal buka youtube, ingin membaca tapi belum punya uang untuk membeli buku tinggal download aja di internet. Bosan, tinggal main game atau nonton, apalagi bagi aku si pecinta dracin dan drakor, kuota internet untuk download updatean episode yang berpuluh-puluh itu harus ada. 


Pointnya internet membantu banget, mulai dari hal-hal kecil di dalam keseharianku. Dampak negatifnya aku menjadi ketergantungan dengan yang namanya HP, dan konsumsi akan kuota internetku membuat dompetku menangis.


Begitulah kira-kira yang bisa aku sampaikan secara gamblang untuk saat ini. Xoxo. 



DAY 10 #30DayWritingChallenge

Posting Komentar

0 Komentar