MY FAVORITE BOOK

 DAY 5 #30DayWritingChallenge

Bukittinggi, 13 Agustus 2024

Hallo hallo lagi semuanya…. teman-teman semua pasti punya yang namanya barang kesukaan, baik itu boneka kesukaan, mainan kesukaan, makanan kesukaan, film kesukaan maupun buku kesukaan. Bagi pecinta buku pasti memiliki list buku favorite sendiri. So, topik kita hari ini adalah tentang buku favorite aku dan kenapa aku menyukainya. Let's go.


MY FAVORITE BOOK



Buku fiksi pertama yang menjadi favoritku adalah buku yang berjudul Bumi karya tere liye. Berbicara tentang dunia lain Tere liye salah satu pemenangnya di hatiku. Serial perjuangan raib dan ali keren bangeeet, cara penulisnya membawakan cerita benar-benar meyakinkan kalau dunia paralel itu ada. Wow banget rasanya. Buku Tere liye yang lain yang menjadi favoritku adalah buku yang berjudul hujan, I Don't know why I’m deep love bangeet sama novel dengan judul hujan ini, bisa jadi karena itu adalah novel romance pertama aku kali ya. Pokoknya Buku karya Tere liye tidak diragukan lagi untuk cerita-cerita menariknya. Sedihnya masih banyak buku Tere liye yang belum sempat kubaca dan aku miliki. 


Buku lain yang menjadi favoritku adalah buku karya Ibunda Asma Nadia, buku yang menjadi penyebab aku ingin menjadi penulis, buku yang menyebabkan aku memiliki mimpi untuk keluar negeri. Buku yang menyadarkan aku untuk menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi yang lebih berani untuk bermimpi. Buku yang menyadarkan kepadaku tidak ada mimpi yang salah. Kita bisa bermimpi menjadi apa yang kita inginkan, ke negara mana kita ingin melangkah. Buku yang selalu memotivasiku, tidak ada yang tidak mungkin selama kita berjuang untuk mendapatkannya.  Kisah-kisah perjalanan ke luar negeri yang selalu diceritakan di setiap seri bukunya memperlihatkan banyak hal menarik yang harus kita coba minimal sekali dalam hidup ini. Ibunda asma nadia inspirasiku untuk menjadi seorang muslimah yang sederhana namun penuh karya. 


Sekarang ada dua judul buku baru yang sedang aku baca yaitu “Dibalik Garis Batas” karya kakak Arum Faiza dan abang Diday Tea, lalu buku karya kakak fitri handayani yang berjudul “ Jangan Hancur Karena Keadaan”. “Dunia takkan berhenti berputar hanya karena kamu tidak baik-baik saja”, sajak yang penuh makna dan related banget sama keadaan aku saat ini.


Buku lain yang menjadi buku favoritku adalah buku jurnal pribadiku. Buku ini bukan diary yang diisi khusus curhatan hati ya, yang wajib diisi setiap hari, tapi buku ini berisi pesan-pesan motivasi yang aku dapat dari berbagai sumber, berisi juga tentang catatan yang terjadi di hari-hari tertentu, kadang ada curhatan juga, kadang ada tips-tips, kadang ada catatan doa juga, complete deh isinya. Menjadi buku favorite karena setelah buku itu penuh tulis, aku suka sekali untuk membacanya lagi, seolah-olah melihat kilasan hidupku diwaktu lampau dan aku seringkali mengatakan bahwa, “ternyata semua itu sudah terlewati”, “ternyata aku mampu juga”, “aku dulu pernah sejatuh itu”, jurnal itu seperti melihat catatan hidup sendiri, kayak jadi acuan untuk menilai diri sendiri menjadi lebih baik. Jurnal itu juga bisa kayak buku catatan dosa sendiri bagi diriku. Jurnal ku adalah catatan perjalanan ku yang emang catatannya tidak serapi catatan malaikat Raqib dan Atid, aku hanya mencatat hari-hari penting saja, lebih sering mencatat disaat hari-hari buruk daripada hari baikku. 


Masih banyak buku-buku menarik karya penulis-penulis terbaik lainnya yang belum sempat aku baca. Buku yang menjadi favoritku adalah buku fiksi yang benar-benar fiksi seperti dunia paralel, seperti harry potter, bumi, narnia bukan kisah cinta romance yang mustahil ya,  ada juga beberapa novel fiksi romance yang aku suka cuma pilih-pilih judul juga, gak semuanya aku suka, lalu buku yang mengisahkan kisah pribadi akan petualang diri mereka sendiri. Ada banyak judul yang tidak bisa aku sebutkan satu per satu. Pointnya membaca itu menyenangkan. Bahkan wahyu yang pertama kali Nabi Muhammad SAW terima adalah Q.s Al-Isra” ayat 1-5, dimana ayat pertamanya berbunyi  Iqra’ yang artinya “bacalah”. 


Membaca akan memberikan kita pengetahuan akan hal-hal yang tidak kita ketahui. Ingat, buku adalah jendela dunia, buku adalah guru yang tidak pernah marah. Kata mbak nana alias mbak Najwa Shihab, hanya perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca, maka cari buku itu, dan mari jatuh cinta.

DAY 5 #30DayWritingChallenge

Posting Komentar

0 Komentar