22 Juli 2023. 14 : 53 WIB.

Aku menemukan satu kalimat bagus, yang berbunyi “Million feelings, but zero words”. Ini adalah karya dari seorang blogger dengan alamat blog nya https://www.francescaluoying.com/.  Langsung di cek saja karya fullnya. Keren bangeet wordnya.

Dari tulisannya, beliau menggambarkan kita hari ini. Aku, kamu, dan mereka diluar sana yang memilih diam dan menyimpan sendiri semua hal. Semua hal yang terjadi dan yang belum terjadi tetapi menjadi beban pikiran sendiri. Bersikap OVT sendiri. Ada masalah disimpan sendiri. Karena menurut kita, secara pribadi kita mampu untuk meng handle masalah itu. Kita meyakini kalau kita mampu melewati itu semua. Dan kita berfikir, “ini masalah aku, dan ini urusanku, dan aku tidak mau menjadi beban orang lain karena ini adalah beban ku”. 

Pribadi yang seperti ini tidak muncul dalam semalam. Pribadi ini tidak muncul secara tiba-tiba. Pribadi ini muncul karena terbiasa, mereka terbiasa menyelesaikan masalah mereka sendiri, mereka terbiasa dengan beban mereka sendiri, dan mereka terbiasa berpikir dan menjawab pemikiran mereka sendiri. Mereka terbiasa mencari jawaban mereka sendiri. Mereka terbiasa hanyut dengan diri mereka sendiri. Mereka terbiasa mandiri. Segala hal dilakukan sendiri.

Secara psikologi ini merupakan masalah yang berdampak besar terhadap kesehatan mental seseorang. Why not ?. ini semua adalah cikal bakal seseorang depresi, seseorang bersikap insecure, seseorang memiliki penyakit kecemasan, serta seseorang akan melakukan tindak ekstrem terhadap dirinya, seperti melukai diri sendiri. Sudah tidak terhitung lagi jumlah orang yang mengalami masalah mental seperti ini, tapi mau gimana lagi, mereka dengan sifat seperti itu memiliki problem sendiri. Salah satunya, mereka tidak ada tempat untuk bercerita atau mengungkapkan apa yang mereka pikirkan. Walaupun ada sebuah kalimat mengatakan “Kamu tidak sendirian”. Yupz .. itu benar. Kita tidak sendirian, dan yang memiliki masalah dan situasi yang buruk tidak hanya kita sendiri. Semua orang memiliki masalah, bahkan ada yang lebih buruk dari yang kita miliki. Tapi lingkungan kita dan mereka berbeda. Mereka memiliki orang-orang yang mau mendengar dan siap mendengar cerita mereka, dan siap mensupport mereka, sementara kita tidak. Belum lagi  situasi yang kita hadapi sangat complicated. 

Mau cerita sama orang tua, belum lagi cerita dimulai, mereka sudah duluan membacakan naskah mereka. Bukannya solusi yang dapat malah menambah beban untuk mereka. Cerita ke saudara, syukur2 mereka mengerti, kalau tidak malah menambah masalah. Cerita ke teman, bukannya plong, malah adu nasib. Cari siapa yang benar-benar memiliki masalah berat. Belum lagi dapat teman biadab pula, udah gak dapat solusi, jadi tambah emosi dan sedih iya. Belum lagi penghakiman yang kejam dia. Cerita kita juga tersebar. hufff…Dan pada akhirnya kita kembali kepada diri kita. Dipendam sendiri takut stress, cerita ke orang lain takut tersebar. Dan akhirnya kita cerita kediri kita sendiri, dan jawab sendiri. hahahaha. I'm strong women.

Terlepas apapun itu, memang tidak gampang untuk mengungkapkan apa yang kita fikirkan. Dan jangan sekali-kali menjudge kesanggupan mental seseorang. Sangat sulit bagi seseorang untuk menunjukkan wajah asli mereka, menunjukkan kesedihan mereka, sangat sulit untuk menampilkan warna diri mereka sendiri. It’s so hard. Terkadang seseorang melamun itu bukan berarti mereka lagi kosong, tapi mereka lagi berperang dengan pemikiran mereka sendiri. Mereka yang tertawa paling ceria dan merasa hidup mereka paling indah adalah mereka yang memiliki banyak kesedihan dan kegelapan terdalam. Sangat melelahkan memiliki wajah penuh kepalsuan ini. Tapi inilah cara dunia bekerja, mereka tidak menerima produk rusak. Dunia menuntut kesempurnaan. 

No matter what, Always remember, kamu berada di posisi kamu sekarang karena Allah. Allah tahu kamu kuat, Allah tahu kamu mampu, dan Allah memilih kamu, karena kamu special. so smile, cause you are special. Always be yourself. Jangan takut dalam kesendirian, karena dalam kegelapan pasti ada setitik cahaya. Jangan malu ungkapkan perasaan kamu, jangan malu untuk menangis, karena menangis bukan berarti kamu lemah. Belum tentu mereka yang kuat tidak pernah menangis.

Aku sekarang, setiap kali aku lagi down, aku selalu ingat lagu DJ Snake yang judulnya A different way. Teman-teman pasti tau lagu ini karena sering berseliweran di media sosial. 

“I will come running when you call my name, even a broken heart can beat again”.

“Forget about the one who caused you pain, I swear I’ll love you in a different way”.


The last words, aku tidak bermaksud apa-apa, aku hanya menyampaikan pendapat pribadi ku, ini adalah apa yang aku pikirkan dan apa yang aku rasakan di posisi itu. Karena aku emang berada di posisi itu. Dan itu adalah aku. Kalimat diatas aku terjemahkan menurut pendapat aku sendiri. Mohon maaf sebesar-besarnya jika aku menyimpang dari apa yang sebenarnya dimaksud oleh si pemilik tulisan yang asli.  Please don’t judge me for what I think. But please help me to get back on the right path. Xoxo.