SALAM KENAL

            Saya seorang gadis kecil yang tumbuh dan besar penuh dengan luka. Saya hanyalah seorang gadis kecil dengan tubuh kurus kecil namun memiliki mimpi yang sangat besar. Seorang gadis kecil yang dituntut untuk dewasa sebelum waktunya, gadis kecil yang harus siap menjadi perisai dan menjadi prajurit yang berada di barisan terdepan untuk keluarganya. Gadis kecil yang harus memiliki pundak yang kuat dan hati yang tegar dan sabar yang luas. Gadis kecil yang harus mampu menelan kepahitan hidup ini sebelum menikmati dan mengerti artinya hidup.

Gadis kecil itu di panggil dengan nama Titi, Titi monica ashari itulah nama lengkap pemberian mama dan papanya. Nama yang penuh dengan makna dan harapan, terselip doa-doa luar biasa dari seorang mama untuk putrinya, putri pertamanya. Dia adalah aku.

Aku anak pertama dari empat bersaudara. Aku berasal dari keluarga yang sangat sederhana dan penuh kekurangan. Kata “cukup” didalam perjalanan ini adalah kata teristimewa, karena disaat roda kehidupan berada di kata “cukup” rasa suka pada kehidupan datang menghampiri. Hidup didalam kekurangan adalah hal yang biasa bagi kami, walaupun begitu kami tetap bersyukur dan berusaha untuk hari esok. Seperti ungkapan kata “jikalau esok masih bernafas, berarti besok masih ada rejeki, dan insyaallah besok masih bisa makan”.

Ini bukanlah sesuatu yang harus dikasihani, sesuatu yang diibakan, tetapi ini adalah sesuatu yang harus disyukuri, menjadi motivasi, dan menjadi catatan dalam perjalanan hidup ini. Sesuatu yang harus dibanggakan. Dan inilah cerita perjalanan hidupku.